Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Kamis, 03 September 2009

JEMBATAN KAYU TERLANGKA DI KOTA SAMARINDA







Penulis :Rianfisio (foto by rian )3/9/09
JEMBATAN yang terbuat dari KAYU ULIN " JEMBATAN KEHEWANAN " di dalam kota Samarinda.
Satu - satunya jembatan yang terbuat dari kayu ulin yang bernama jembatan kehewanan, di jalan kehewanan Samarinda (Jembatan Kayu ulin ini banyak pula terdapat di Kota Tenggarong , Kutai Kertanegara ).
Konon sekitar tahun 70an jembatan tersebut memang sengaja dibuat warga sekitar bersama pekerja dipemotongan hewan ternak di dekat sungai karang mumus tersebut, yang fungsinya untuk mempersingkat waktu untuk menyeberang, daripada harus menempuh melalui jembatan dua ( lokasi sekitar pasar sungai dama ). Karena jembatan ini dibuat bukan oleh pemerintah kota Samarinda maka jembatan tersebut dibiarkan tetap asli seperti adanya sampai saat ini. Melihat kondisi jembatan tersebut apabila kita melewatinya tampak sangat parah kerusakannya dan bahkan sering terjadi kecelakaan lantaran jembatan sangat licin serta disana sini banyak baut yang terlepas dan kayu ulin penyanggah banyak pula yang pecah. Suara benturan kayu dengan ban kendaraan yang melintasi jembatan tersebut sangat merdu .Inilah fenomena Jembatan yang sangat langka dan satu - satunya yang ada di dalam kota Samarinda .

Akankan jembatan tersebut tetap dilestarikan sebagaimana adanya ?
Atau jembatan tersebut akan diganti dengan berbahan besi beton ?


Kita tunggu saja hasilnya, apabila diganti dengan besi beton kita akan kehilangan jembatan fenomenal tersebut,
tapi bila jembatan tersebut masih tetap seperti asalnya yang terbuat dari kayu ulin mungkin sering terjadi pula kecelakaan akibat jembatan sangat licin apalagi diwaktu hujan........( seperti buah simalakama )red.

Apabila kita melihat foto di sisi kiri jembatan tampak pekerja memasang tiang pancang untuk penurapan pinggir sungai, akankah jembatan inipun diperbaiki...?
wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar